Daftar Jurusan Bagi Wanita Untuk Jadi Pilihan Masa Depan

Daftar Jurusan Bagi Wanita

Daftar Jurusan Bagi Wanita – Sekolah vokasi tidak hanya diminati oleh laki-laki, tersedia juga beberapa jurusan di SMK untuk anak perempuan. Meskipun tidak ditulis secara khusus untuk perempuan, jurusan-jurusan tersebut sangat relevan untuk anak perempuan.

Perempuan memiliki karakter yang berbeda dengan laki-laki. Mereka cenderung menyukai hal-hal yang membutuhkan ketelitian, keterampilan, dan ketelatenan. Berikut ini adalah 5 jurusan di SMK untuk anak perempuan yang dapat dijadikan pilihan.

Berikut Daftar Jurusan Bagi Wanita

  • Tata Busana

Salah satu jurusan di SMK untuk anak perempuan yang paling favorit adalah tata busana. Jurusan tersebut sangat digemari terutama oleh siswa perempuan yang hobi menjahit.

Bukan hanya itu, jurusan tersebut juga mengajarkan desain busana. Salah satu keuntungan masuk di jurusan ini adalah memiliki keterampilan menjahit beberapa jenis dan model busana. Hal tersebut dapat dijadikan bekal untuk mendirikan modeste atau tempat jahit sendiri.

Sekarang ini adalah eranya wisausaha. Dengan keterampilan tata busana, kelak siswa dapat memiliki usaha sendiri bahkan mempekerjakan orang lain.

Beberapa siswa perempuan di SMK jurusan tata busana juga bisa sukses menjadi desainer yang memamerkan karya mereka sampai ke luar negeri. Biasanya sekolah mewadahi siswa untuk tampil di acara-acara pagelaran busana yang mengantarkan mereka mengenal panggung mode.

Jika tertarik untuk mengarahkan anak Anda menjadi perancang busana terkenal? Tak ada salahnya memilih jurusan ini.

  • Tata Boga

Jurusan di SMK untuk anak perempuan yang diminati berikutnya adalah tata boga. Jurusan ini juga bisa dikatakan memiliki masa depan yang cerah. Siswa yang memang sudah suka belajar memasak sejak kecil dapat memilihnya.

Di jurusan ini, siswa akan diajarkan memasak berbagai jenis makanan. Misalnya hidangan daerah, Indonesia, bahkan mancanegara, termasuk juga membuat makanan utama, makanan pembuka, jajanan, hingga beragam olahan minuman. Selain itu, siswa juga akan diajarkan untuk mengkreasikan bentuk penyajiannnya.

Tidak hanya memasak dan mempercantik tampilannya, siswa tata boga juga diajari bagaimana menghitung kalori pada tiap masakan yang disajikan, termasuk bagaimana mengolah makanan-makanan yang bergizi. Beberapa makanan hasil biotreknologi juga akan diajarkan di sini.

Keuntungan masuk jurusan ini adalah siswa akan memiliki keterampilan memasak yang bermanfaat. Jenis usaha seperti katering, pastry, dan kafe, dapat dipilih dengan tambahan keterampilan manajemen yang baik.

  • Pariwisata

Jurusan pariwisata dapat dijadikan pilihan yang tepat untuk anak perempuan. Jurusan ini mengandalkan sikap ramah-tamah dan cepat tanggap yang dimiliki anak perempuan.

Keuntungan masuk di jurusan ini adalah, siswa memiliki keterampilan berbicara yang baik di depan publik. Selain itu, biasanya siswa juga akan dibekali beberapa bahasa asing sebagai penunjang.

  • Akuntansi

Akuntansi dapat dijadikan salah satu Daftar Jurusan Bagi Wanita. Jurusan ini menuntut ketelitian dan ketelatenan. Anak perempuan biasanya paling dapat diandalkan untuk hal tersebut.

Jurusan akuntansi juga memiliki profil lulusan yang cukup baik. Siswa juga dapat melanjutkan ke jenjang sarjana untuk menjadi akuntan. Bagi siswa yang berminat untuk bekerja di kantor dan suka menghitung uang, jurusan ini dapat dipertimbangkan.

  • Farmasi

Bidang farmasi menjadi dapat menjadi pilihan Daftar Jurusan Bagi Wanita . Jurusan ini juga membutuhkan ketelitian.

Profil kerja jurusan ini juga cukup baik. Misalnya melanjutkan ke perguruan tinggi bidang farmasi dan melanjutkan untuk mendapatkan izin sebagai apoteker. Untuk lulusan SMK Farmasi, Anda dapat mencoba pekerjaan farmasi di apotek.

Hal yang perlu dipikirkan untuk memilihkan jurusan di SMK untuk anak perempuan adalah keterlibatan mereka. Sebaiknya Anda mengamati hobi anak untuk mengarahkan jurusan yang tepat.

Selain itu, perhatikan juga nilai di sekolahnya. Untuk mengambil Jurusan Farmasi misalnya, anak harus memiliki nilai baik untuk mata pelajaran IPA. Jurusan Akuntansi harus baik nilai Ekonominya. Pemilihan jurusan juga salah satu cara untuk mempersiapkan karier sejak lulus SMP. Jadi, harus dilakukan dengan pertimbangan matang.

You may also like