Jenis – Jenis Ikan Cupang Yang Jadi Ikan Hias di Rumah

Jenis - Jenis Ikan Cupang

Salah satu jenis- Jenis ikan Cupang yang gampang dipelihara adalah ikan cupang hias. Anda tidak memerlukan lahan atau tempat yang luas untuk memeliharanya. Anda juga bisa memeliharanya di rumah. Bahkan Anda juga bisa mengembangkan hobi cupang hias sebagai bisnis yang menjanjikan.

Ikan cupang adalah salah satu ikan yang hidup di perairan air tawar dan hidup di daerah tropis. Itu sebabnya ikan cupang ini ada di Indonesia. Salah satu ciri ikan cupang adalah suka hidup di air tenang. Itu sebabnya ikan cupang hias ini sangat cocok untuk dipelihara di rumah.

Daya tahan hidup ikan cupang juga terbilang tinggi, sehingga bisa hidup di tempat yang minim oksigen atau akuraium tanpa oksigen tambahan. Anda bisa memelihara ikan cupang di toples kecil dan meletakkannya di meja kerja. Ikan cupang hias tentunya berbeda dengan ikan cupang adu.

Ikan cupang hias biasa dipelihara sebagai hiasan dan disukai karena warna tubuhnya yang cantik dan bentuknya yang unik. Untuk membedakan antara ikan cupang hias dan ikan cupang adu biasanya dilihat dari gerakan mereka. Ikan cupang adu gerakannya lebih gesit ketimbang ikan cupang hias.

Ikan cupang hias juga bisa dilihat dari variasi warna yang lebih cerah ketimbang cupang aduan. Misalnya saja berwarna merah cerah, biru terang, ungu, dan juga paduan warnanya. Selain itu ikan cupang hias juga memiliki ekor dan sirip yang sangat khas dan unik.

Berbeda dengan cupang aduan, gerakan ikan cupang hias ini cenderung lebih lamban. Sepertinya si ikan cupang hias ini suka menunjukkan kecantikannya. Ketika berenang dia akan sangat suka mengibaskan ekor dan siripnya yang indah. Lalu apakah ikan cupang hias ini bisa diadu?

Tetap bisa, akan tetapi sirip dan ekornya bisa rontok dan tentu saja akan mengurangi kecantikannya.

Jenis-Jenis Ikan Cupang Hias

  • Ikan Cupang Hias Halfmoon

Jenis ikan cupang ini paling banyak diminati atau paling banyak dicari oleh pecinta ikan. Sirip dan ekornya menyatu berbentuk mirip bulan setengah atau sepotong.Itu sebabnya disebut ikan cupang halfmoon. Pecinta ikan cupang hias, sering mengawinkan ikan dengan warna berbeda sehingga menghasilkan ikan cupang hias dengan kombinasi warna yang cantik. Ikan cupang jenis ini diminati karena memiliki warna yang cantik seperti merah, biru, ungu, hijau yang tentunya jika dikawin silang bisa mendapatkan ikan cupang hias yang lebih menarik lagi.

  • Ikan Cupang Crown Tail

Ini adalah salah satu ikan cupang hias yang sangat cantik. Ciri khasnya terletak pada bagian ekor dan sirip yang menyerupai serit mahkota. Bahkan ada ikan cupang yang memiliki serit ganda, pastinya memiliki sirip dan ekor yang lebih indah lagi. Harganya pun cukup fantastis lho.

Anda bisa mendapatkan ikan cupang ini mulai dari harga hanya Rp5.000-an saja sampai dengan Rp450.000. Tentunya semakin mahal, ikan cupang hias crown tail ini juga memiliki penampilan yang menarik.

  • Ikan Cupang Double Tail

Sekilas ikan cupang ini mirip dengan ikan cupang halfmoon. Hanya saja yang membedakan adalah bagian ekornya yang terbelah. Sama dengan ikan cupang halfmoon, ikan jenis ini memiliki warna yang cantik dan beragam. Akan tetapi, masih sangat langka sehingga akan jarang ditemukan di pasaran. Harga jualnya pun terbilang mahal bisa mencapai Rp500.000.

  • Ikan Cupang Giant

Sesuai namanya Ikan cupang ini berukuran raksasa alias lebih besar ketimbang ikan cupang lainnya. Ikan cupang giant adalah hasil persilangan antara jenis ikan cupang halfmoon, double trail, ataupun ikan cupang tail crown. Tentu saja bentuknya sangat unik dan warnanya pun eksotis.

Kolektor ikan cupang banyak juga yang memburu ikan cupang jenis ini. Ukurannya bisa mencapai 12 cm, atau sekitar 2-3 kali lipat dari ikan cupang biasa. Tak heran jika harga jualnya pun lebih mahal ketimbang ikan cupang biasa.

You may also like