Rahasia Khasiat Minum Teh di Pagi Hari Bagi Kesehatan

Khasiat Minum Teh

Khasiat minum teh di pagi hari menghasilkan segudang manfaat yang baik bagi tubuh maupun pikiran. Menjadi lebih semangat dalam menjalani rutinitas sehari-hari adalah salah satu manfaatnya. Zat-zat yang terkandung di dalamnya ampuh menjaga tubuh tetap segar dan sehat.

Sebagian besar masyarakat Indonesia memang memiliki kebiasaan minum teh hangat di pagi hari. Selain bisa menghangatkan tubuh, minuman ini dipercaya bisa menyegarkan badan dan pikiran. Betapa nikmatnya ngeteh sambil menghirup udara pagi dan mendengarkan kicauan burung.

Barangkali kamu pernah mendengar rumor tentang bahaya minum teh di pagi hari. Jangan mudah percaya dan terburu-buru mengambil sikap atas rumor tersebut. Lebih baik perbanyak informasi dulu dengan membaca artikel seperti yang kami sajikan ini.

Percayalah, asal porsi dan cara meminumnya tepat, minuman ini tidak akan berbahaya bagi tubuh. Justru minum teh di pagi hari bisa menghasilkan banyak manfaat bagi jiwa dan raga. Langsung saja simak beberapa manfaatnya di bawah ini.

Berikut Rahasia Khasiat Minum Teh di Pagi Hari Bagi Kesehatan

  • Mengatasi Bau Mulut

Manfaat minum teh di pagi hari yang pertama dan paling sederhana adalah mengatasi bau mulut. Ini sangat membantu agar kamu tidak minder saat bertemu dan berbincang dengan orang lain.

Saat bangun tidur, mulut pasti akan mengeluarkan bau tak sedap. Bau tersebut ditimbulkan oleh bakteri-bakteri yang berkumpul di dalam mulut selama tidur semalam. Sekalipun kita sudah mandi dan gosok gigi, bau tak sedap itu bisa saja muncul secara samar-samar.

Masalah nafas tak segar ini juga bisa dikarenakan konsumsi bahan-bahan makanan yang mengeluarkan zat penyebab bau di mulut. Contoh makanan penyebab bau mulut tersebut adalah bawang, petai, jengkol, dan makanan lainnya yang kamu santap saat sarapan.

Teh bisa mengatasi permasalahan tersebut asal dikonsumsi tanpa tambahan bahan lain seperti gula, susu, dan sebagainya. Oleh karenanya, kamu bisa mencoba menghilangkan bau mulut itu dengan ngeteh sebelum memulai rutinitas harian.

  • Mengurangi Risiko Serangan Jantung

Khasiat Minum Teh lainnya adalah bisa menjaga kesehatan jantung, maka sangat baik untuk meminumnya di pagi hari. Jika diminum secara rutin dan teratur, peredaran darah di tubuhmu bisa lancar karena minuman ini membuat arteri meregang. Dengan begitu, tentu akan meminimalisir terjadinya serangan jantung, stroke, dan penyakit vaskular lainnya.

Kenapa baik diminum saat pagi hari? Sebenarnya, mau diminum kapan saja, minuman ini tetap berkhasiat. Hanya saja, pagi hari adalah waktu yang tepat untuk memberi asupan antioksidan pada tubuh.

Kandungan zat antioksidan pada teh mampu menangkal radikal bebas yang ditakutkan dapat memicu penyakit-penyakit kronis seperti serangan jantung dan lain-lain. Radikal bebas sendiri terjadi lantaran dipicu oleh makanan, udara yang kita hirup, obat-obatan, dan hal-hal lain yang dilakukan sehari-hari. Oleh karenanya, sangat baik untuk menambahkan antioksidan pada tubuh sebelum melakukan aktivitas sehari-hari.

Banyak sekali Khasiat Minum Teh yang menawarkan beberapa bentuk, mulai dari yang siap diminum hingga berbentuk serbuk dalam saset. Pilihan rasanya pun bermacam-macam. Namun, sangat direkomendasikan memilih teh organik dan menyeduhnya sendiri karena selain lebih sehat dan murah, juga bisa lebih leluasa mengontrol takaran yang pas.

  • Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Jika kamu orang yang pelupa dan kesulitan dalam berkonsentrasi, ngeteh bisa jadi solusi. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan kafein yang mampu menstimulasi kerja otak. Maka dari itu, minuman ini sering dijumpai di saat pertemuan, rapat, atau sebagai pelengkap saat bekerja.

Manfaat tersebut akan sangat terasa jika kamu minum teh di pagi hari. Minumlah sebelum memulai aktivitas yang dirasa akan membuat otak bekerja lebih banyak.

Peran teh memang hampir sama dengan kopi, yaitu mengandung kafein. Beberapa orang mungkin memilih teh karena cara penyajiannya lebih simpel dari minuman kopi.

Jadi, bagaimana? Kalau kamu sendiri, lebih memilih kopi atau teh?

  • Mengusir Stres dan Menenangkan Perasaan

Jika stres melanda, perasaan pun jadi gelisah. Apalagi jika saat bangun tidur, rutinitas sehari-hari sudah menanti. Kamu jadi tergesa-gesa dan stres pun semakin menjadi-jadi.

Kamu perlu sedikit relaksasi baik fisik maupun pikiran. Cobalah minum secangkir teh di pagi hari, dan rasakan manfaat yang dihasilkan. Stres mungkin tidak akan langsung mereda begitu saja, paling tidak pikiranmu bisa lebih rileks dalam menghadapi berbagai masalah.

Manfaat minum teh akan lebih maksimal jika meminumnya tanpa tambahan gula, susu, dan bahan lainnya. Jika kamu belum terbiasa dengan rasa pahit dan sepat, mulailah membiasakan diri. Hal ini sekaligus dalam rangka mengurangi konsumsi gula supaya terhindar dari risiko diabetes.

  • Menjadi Lebih Semangat Beraktivitas

Selain membuat pikiran dan perasaan tenang, teh juga mampu menumbuhkan semangat dalam menjalani aktivitas. Oleh karenanya, sangat cocok sekali diseruput di pagi hari saat bersiap untuk mengerjakan sesuatu.

Terkadang, beberapa orang membuat kata-kata inspirasi sambil menikmati secangkir tehnya di pagi hari. Kata-kata tersebut kemudian disebarkan lewat media sosial dan bisa menginspirasi.

You may also like