Tips Menghias Pohon Natal Dengan Cara Modren & Keren

Menghias Pohon Natal

Menghias pohon Natal memang menjadi salah satu bagian yang paling menarik dalam menyambut perayaan Natal, karena menimbulkan sensasi tersendiri. Ngomong-ngomong soal pohon natal, kami punya tips menarik buat para sobat untuk menghias pohon natal di rumah supaya terkesan menarik dan elegan. Berikut adalah cara menghias pohon natal tersebut:

A. Mempersiapkan Bahan-Bahan.

Sebelum menghias, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan bahan-bahan berikut ini.

  1. Pohon natal.
  2. Lampu hias.
  3. Aneka gantungan natal.
  4. Syal plastik manik-manik.
  5. Kapas.
  6. Kado.
  7. Boneka.
  8. Kartu Natal.
  9. Foto.

Benda-benda di atas dapat Anda dapatkan di toko-toko terdekat atau di mall. Apabila Anda ingin memesannya secara online, Anda juga dapat menggunakan via online.

B. Langkah Menghias.

Setelah bahan-bahan tersebut siap, maka langkah berikutnya adalah menghias pohon yang telah disediakan. Lnagkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Memasang Pohon Natal.

Langkah pertama adalah memasang pohon natal. Sebelum Anda memasang pohon natal, Anda harus menentukan terlebih dahulu jenis pohon, ukuran pohon, dan apakah pohon tersebut alami atau buatan.

a. Pohon Alami.

Apabila Anda memakai pohon cemara alami (hidup), disarankan untuk menjaga kesegaran pohon tersebut. Caranya dengan memotong akar pohon yang berukuran besar, kemudian meletakkannya pohon tersebut pada pot yang berisi air. Air sangat berguna untuk menjaga kondisi pohon supaya tetap terlihat segar. Namun perlu diingat bahwa kesegaran pohon tersebut hanya bertahan dalam beberapa hari saja. Apabila Anda menggunakan pohon hidup yang sudah tumbuh di dalam pot, maka Anda tidak perlu mengeluarkan pohon tersebut dari dalam pot. Anda tinggal membawa masuk pohon, namun ukuran pohon harus disesuaikan dengan ukuran ruangan yang akan ditempati pohon natal.

b. Selain pohon hidup, Anda juga dapat memakai pohon cemara plastik yang dapat dibeli di toko-toko atau mall. Penggunaan pohon plastik lebih mudah. Untuk menyusun pohon plastik, Anda dapat melihatnya pada buku petunjuk yang telah tersedia. Setelah Anda menentukan pohon mana yang akan Anda pakai, Anda dapat meletakkan pohon tersebut di tempat yang sudah ditentukan. Pohon ukuran kecil dan sedang dapat diletakkan di atas meja, sedangkan pohon berukuran besar akan lebih aman apabila diletakkan di lantai.

  • Memasang Lampu Hias.

Setelah Anda selesai mengatur pohon, maka langkah berikutnya adalah memasang lampu hias yang telah Anda sediakan. Lampu natal dipasang spiral, yaitu melingkari pohon cemara dimulai dari ujung pohon yang paling atas, hingga dahan pohon bagian bawah. Panjang lampu natal disarankan disesuaikan dengan ukuran pohon, sehingga lingkaran yang dihasilkan oleh lampu hias serasi dengan pohon.

  • Memasang Syal Plastik manik-manik.

Langkah berikutnya, Anda dapat memasang syal manik-manik yang terbuat dari plastik. Cara memasang syal sama persis dengan pemasangan lampu hias. Namun, arah pemasangan syal harus berlawanan arah dengan lampu hias. Apabila lampu hias dipasang dari atas melingkar ke arah kiri hingga ke bawah, pemasangan syal dari atas ke bawah namun ke arah yang berlawanan yaitu ke kanan.

  • Memasang Gantungan Natal.

Langkah berikutnya adalah memasang gantungan natal. Ketika memasang gantungan natal, disarankan untuk memasangnya secara merata ke seluruh bagian pohon, dengan digantung satu persatu. Usahakan supaya hiasan tidak hanya digantung di satu sisi pohon sedangkan yang lain kosong. Karena apabila demikian, pohon akan terkesan botak dan merusak keindahan pohon natal. Selain itu, ukuran gantungan natal juga harus disesuaikan dengan ukuran pohon.

  • Memasang kapas.

Supaya menimbulkan efek taburan salju pada pohon natal. Anda dapat menempelkan kapas yang telah tersedia pada seluruh bagian pohon. Dimulai dari dahan-dahan pohon bagian atas hingga bawah secara merata. Cara menempelkan kapas harus diperhatikan, penempelan kapas harus disesuaikan dengan jumlah benda yang sudah tergantung pada pohon natal. Hal ini untuk menjaga supaya isi pohon natal tidak terkesan terlalu ramai, karena akan menimbulkan kesan glamour.

  • Kado Natal.

Kado natal sebenarnya hanya penghias tambahan. Kado dapat diletakkan di bagian bawah pohon dan disusun sesuai dengan selera masing-masing. Dengan demikian, pohon natal akan terkesan romantis.

  • Boneka Natal.

Selain kado, Anda juga bisa meletakkan boneka dengan berbagai model dan bentuk sesuai dengan selera. Keberadaan boneka akan mempercantik dan meramaikan pohon natal.

  • Kartu Natal dan Foto.

Kartu natal dan foto dapat diletakkan di sekitar kado dan boneka. Fungsinya adalah untuk mempercantik pohon dan menimbulkan kesan ramah dengan beberapa kalimat yang tertulis pada kartu natal.

Setelah semua barang terpasang dengan rapi, maka langkah terakhir adalah menyalakan lampu natal. Anda akan merasakan kesan meriah pada perayaan natal tahun ini. Selain barang-barang di atas, Anda dapat menambahkan benda-benda lain sesuai selera Anda. Selamat mencoba, Tuhan Yesus memberkati.

You may also like