Pulau Weh, Surga Bawah Laut yang Berada di Indonesia Barat

Pulau Weh

Pulau Weh – Situs Monster Divers menyebut Pulau Weh keindahan alam Indo-Pasifik, yang mempertemukan keindahan Samudra Hindia dan Lautan Pasifik. Secara geografis, Pulau Weh merupakan bagian dari Provinsi Aceh, dengan Sabang sebagai ibu kotanya. Pulau Weh merupakan pulau vulkanik dengan akomodasi bagi penyelam terkonsentrasi di Gapang, Iboih dan Sumur Tiga.

Terletak di konvergensi lautan India dan Pasifik, Pulau Weh adalah pulau indah yang tak terjamah. Masih menurut Monster Divers, Pulau Weh mampu menjaga ekosistemnya dan menjadi rumah bagi beragam spesies ikan, seperti penyu, hiu, pari, lumba-lumba dan staf pelagis. Dengan lebih dari 20 tempat menyelam, Pulau Weh memiliki reputasi sebagai salah satu situs selam terbaik di Indonesia.

Bagian barat laut pulau tersebut telah dinyatakan sebagai cagar satwa liar oleh pemerintah Indonesia. Untuk melindungi spesies langka di darat dan laut.

Berikut Inilah destinasi selam di Pulau Weh

Batee Tokong

Batee Tokong memiliki dinding batu bawah air ini merupakan habitat hiu, gurita, lionfish, scorpion fish, frog fish, hingga nudibranchs. Dari Sabang, Batee Tokong (Batu Tengah) bisa dijangkau dengan speedboat sekitar 20 menit perjalanan.

Pantee Peunateung

Berarti ‘Teras sawah’, merupakan area penyelaman dalam dan bukan untuk penyelaman rekreasi biasa. Terumbu karangnya menghampar dari utara ke selatan. Arah penyelaman ditentukan oleh arus, jika ombak pasang meninggi, arus biasanya mengalir dari Selatan ke Utara. Saya biasanya lebih suka memulai penyelaman di Utara dan menuju selatan.

Arus Balee

Arus Balee adalah nama untuk koridor air di sekitar puncak berbatu bawah air, yang terletak di antara pulau Seulako dan Rubiah. Kadang dijuluki arus palee atau arus bajingan, wujudnya berupa koridor berarus yang menjadi rumah bagi hiu dan berbagai jenis fauna laut.

Batee Gla

“Slippery Rock” begitu Batee Gla dijuluki para penyelam. Di kedalaman 40 m terhampar formasi bebatuan berterumbu karang, yang seolah-olah mengapung di dasar laut. Keindahan Batee Gla sudah dimulai pada kedalaman 18 m, di mana para penyelam bertemu belut laut di sela-sela terumbu karang. Derasnya arus membuat Anda seperti sedang menaiki Glider ketimbang menyelam.

Limbo Gapang

Lokasinya hanya dua menit dari Pantai Gapang, area penyelaman ini memungkinkan penyelam bertemu dengan kura-kura. Di Limbo Gapang terdapat bebatuan koral yang membentuk jamur setinggi 7 m. Air laut berwarna hijau toska itu bening saat diselami. Selain kura-kura terdapat pula kawanan ikan kodok dan cumi-cumi – yang melimpah setiap Jumat.

Sophie Rickmers

Berbeda dengan spot lain, Sophie Rickmers merupakan bangkai kapal kargo yang ditenggelamkan awaknya agar tak direbut Belanda. Saat itu pada 1942, kebencian terhadap Jerman memuncak hingga Hindia Belanda. Belanda merampas 18 kapal dagang Jerman, Sophie Rickmers adalah pengecualian karena telah ditenggelamkan terlebih dahulu.

Sumur Tiga

Perairan Sumur Tiga adalah destinasi selam permukaan atau snorkeling, yang dipenuhi hamparan koral dan terumbu karang. Arusnya yang tenang bisa dikatakan aman untuk snorkeling atau menyelam. Di perairan ini, lumba-lumba kerap muncul menemani para penyelam.

You may also like