Tanaman Beracun Yang Berbahaya di Seluruh Dunia

Tanaman Beracun

Tanaman Beracun – Mungkin kita tidak pernah menganggap tanaman sebagai organisme menakutkan yang harus dihindari. Namun, sebuah ulasan dari Reddit tahun 2016 bisa jadi akan membuat kita berpikir ulang.

Ulasan Reddit ini muncul ketika salah satu penggunanya menanyakan tanaman paling berbahaya di dunia.

“Ahli botani dari Reddit, tanaman apa yang paling menyeramkan di dunia?” tulis pengguna bernama Zipzapadam.

Menjawab pertanyaan tersebut, Reddit mengulas sembilan tanaman menakutkan. Mulai dari tanaman beracun, bisa membuat luka bakar, hingga membunuh manusia.

Berikut Tanaman Beracun di Dunia

  • Heracleum mantegazzianum atau Hogweed raksasa

Hogweed raksasa atau Heracleum mantegazzianum merupakan jenis rumput liar beracun yang tingginya bisa mencapai enam meter. Selain menjulang tinggi, Hogweed juga memiliki bunga putih kecil bergerombol yang sangat khas.

Getah Hogweed mampu menghilangkan fungsi ketahanan kulit untuk melindungi diri dari sengatan matahari, sehingga kulit akan terasa sangat terbakar. Bila getah Hogweed mengenai mata, akibatnya adalah kebutaan permanen.

Hogweed merupakan tanaman yang berasal dari kawasan Kaukasus atau wilayah yang membentang dari perbatasan Eropa dan Asia.

Tiga bulan lalu seorang remaja Virginia, AS, yang menderita luka bakar tingkat 2 hingga 3 di lengan dan wajah karena tak sengaja menyentuh Hogweed. Untuk pemulihan, remaja ini disarankan tidak boleh terkena matahari sampai enam bulan ke depan.

  • Aconitum napellus

Tanaman beracun Aconitum napellus zaman dulu digunakan untuk berburu hewan.

Tanaman beracun Aconitum napellus zaman dulu digunakan untuk berburu hewan.

Aconitum napellus juga dikenal dengan sebutan aconite, mankshood, wolf’s bane, leopard’s bane, women’s bane, atau blue rocket.

Saat melihat rumput berbunga ungu ini, mungkin kita tak menganggapnya berbahaya. Padahal, sebagian besar spesies ini merupakan tumbuhan beracun.

Di zaman dulu, manusia memasang tanaman ini di ujung anak panahnya untuk membunuh serigala. Inilah mengapa tumbuhan ini juga disebut wolf’s bane.

Menurut laporan BBC pada 2014, seorang tukang kebun berusia 33 tahun diduga meninggal dunia setelah menyentuh atau mungkin memakan tanaman tersebut.

Bila tanaman ini dimakan maka akan menyebabkan muntah, diare, hingga mati rasa.

  • Ricinus communis atau jarak

Di Indonesia, kita mengenalnya sebagai tanaman jarak. Sebutan di masing-masing daerah pun berbeda. Di Jawa Barat dikenal dengan nama Kaliki, di Sumatra dikenal dengan nama Dulang atau Gloah, dan di Madura disebut Kal?k?.

Jarak memiliki daun tunggal menjari antara lima sampai sembilan, berdiameter 10 sampai 40 sentimeter. Jarak memiliki buah mirip rabutan berbentuk bulat atau sedikit lonjong dan berkumpil pada tandan.

Meski bisa dimanfaatkan sebagai bahan minyak jarak, namun ia juga mengandung zat ricin yang mematikan.

“Bila biji jarak dimakan, maka akan muncul gejala iritasi lambung, muntah, diare berdarah, sakit perut, denyut jantung meningkat, tekanan darah rendah, keluar banyak keringat, kolaps, kejang, dan kematian dalam hitungan hari,” kata profesor biologi Union Country College, Tom Ombrello.

  • Cicuta (water hemlock)

Tanaman cicuta atau dikenal dengan sebutan water hemlock merupakan jenis tanaman paling beracun dari spesies Apiaceae.

Tanaman dengan bunga putih agak kehijauan ini banyak ditemukan di dataran Amerika dan Eropa.

Menurut penelitian, orang yang memakan tanaman ini akan mengalami kejang kemudian meninggal.

  • Datura stramonium

Jangan terayu dengan kecantikan Datura stramonium yang memiliki bunga ungu muda atau pink mirip terompet. Datura akan langsung mengeluarkan racunnya bila salah satu bagian tubuhnya terluka atau dilukai untuk dikonsumsi. Tak heran, tanaman ini punya julukan Trompet Setan, Biji Setan, Timun Setan, Bel Neraka, dan banyak lagi.

Pepatah lama mengatakan orang yang menelan Trompet Setan akan kepanasan seperti kelinci, buta seperti kelelawar, kering seperti tulang, memerah seperti bit, dan menjadi gila seperti orang kehilangan akal.

Pepatah itu bukan isapan jempol belaka, karena sebuah studi tahun 2006 telah membuktikan kebenarannya.

Studi itu mengidentifikasi empat remaja Kanada yang mengonsumsi Trompet Setan untuk tujuan halusinogennya. Mereka semua berakhir di UGD, sangat agresif sehingga harus dibuas. Tiga di antaranya harus diisolasi karena membahayakan diri mereka sendiri dan para staf.

Selain itu, orang yang meminum teh dari daun Trompet Setan juga berujung pada koma atau meninggal dunia.

  • Dendrocnide moroides (Gympie Gympie) bulu halus di seluruh

Tanaman Dendrocnide moroides atau Gympie Gympie banyak ditemukan di wilayah hutan hujan timur laur Australia dan Maluku. Memiliki tinggi 1-2 meter, tanaman ini adalah yang paling beracun di dunia.

Kecuali akar, setiap bagian tubuh Gympie Gympie sangat mematikan, tidak hanya untuk manusia tapi juga anjing dan kuda. Bila cukup beruntung selamat dari kematian, sebagai gantinya makhluk hidup yang terkena racun Gympie Gympie akan merasakan sakit luar biasa selama beberapa bulan atau bertahun-tahun.

Gympie Gympie memiliki daun lebar berbentuk hati, batang dan buahnya berwarna pink tua atau ungu yang semuanya diselimuti bulu kecil seperti jarum suntik yang menyengat

Bila bulu-bulu halus itu tersentuh, racun yang disebut moroidin akan langsung menembus tubuh. Kadang, bulu halusnya yang terbang di udara dan bisa masuk ke hidung akan membuat gatal, ruam, bersin, hingga mimisan.

Bila tak sengaja terkena tanaman ini, Hugh Spencer seorang pakar dari Cape Tribulation Tropical Research Station menyarankan untuk segera mencuci area tubuh yang terkena Gympie-Gympie dengan asam hidroklorik, kemuadian menggunakan strip wax untuk mengangkat semua bulu beracunnya.

  • Actaea pachypoda atau mata boneka

Actaea pachypoda atau mata boneka, tumbuhan beracun yang bisa bikin serangan jantung

Memiliki buah bulat berwarna putih dengan titik hitam di tengahnya membuat Actaea pachypoda dijuluki mata boneka.

Menurut Missouri Botanical Garden, buahnya sangat beracun bila dimakan. Itu sebabnya para hewan menghindarinya, sikap ini juga harus kita terapkan.

Buahnya memiliki kandungan racun kardiogenik yang memiliki efek penenang langsung pada jaringan otot. Menelan buah ini dapat berakibat pada serangan jantung hingga kematian.

  • Aristolochia clematitis atau Birthwort

Birthwort banyak digunakan untuk pengobatan tradisional, meski bisa menyebabkan gagal ginjal.

Food and Drug Administration (FDA) AS mengeluarkan peringatan untuk mendorong masyarakat berhenti mengonsumsi obat dengan kandungan asam aristolochic karena memiliki efek samping.

Akar dan tanaman Birthwort dipenuhi dengan asam dan oleh karena itu beracun.

  • Hippomane mancinella atau pohon manchineel

Pohon manchineel banyak ditemukan di seluruh Amerika Tengah dan AS bagian selatan. Di Spanyol pohon ini dijuluki sebagai pohon kematian karena buahnya yang nampak seperti apel hijau kecil bisa mematikan.

Menurut University of Florida, getahnya bisa menyebabkan lecet dan sensasi terbakar yang membuat kebutaan sementara.

Pada dasarnya, semua bagian Manchineel bisa menyebabkan kerusakan serius.

You may also like