Tips Membuat Ayam Goreng Renyah Dengan Rasa Super Nikmat

Tips Membuat Ayam Goreng Renyah

Tips Membuat Ayam Goreng Renyah – Siapa yang tak tergiur saat mencium aroma ayam goreng tepung dari gerai waralaba makanan cepat saji?

Tak dimungkiri, salah satu pesona dan daya tarik kenikmatan ayam goreng tepung siap saji adalah kerenyahan kulit luarnya. Sekilas terlihat mudah untuk membuat ayam goreng seperti ini. Hanya tinggal celup dalam cairan tepung kemudian balur dengan tepung kering.

Namun saat mencobanya sendiri di rumah, hasilnya mengecewakan. Lapisan renyah ayamnya tak seperti yang ada di restoran. Tak cuma soal kulit, ayamnya pun termasuk cepat ‘lembek’ dan basah. Jauh berbeda dengan ayam goreng restoran cepat saji.

Tips Membuat Ayam Goreng Renyah

Mengutip The Kitchn, berikut beberapa tips dan trik untuk membuat ayam goreng tepung yang renyah ala gerai waralaba siap saji sendiri di rumah.

  • Bumbui ayam

Setelah mendapatkan ayam potong, sebelum dimasukkan dalam lapisan tepung, Anda harus membumbui ayamnya terlebih dulu.

Taburi ayam dengan garam dan lada setelah dicuci bersih. Masukkan ke dalam lemari es selama 30 menit sampai bumbu meresap.

Proses membumbui ini termasuk penting untuk menjaga kelembapan ayam, memberikan rasa, serta memberikan waktu agar daging ayam bisa bersentuhan langsung dengan garam. Proses ini juga akan membantu untuk melembutkan daging ayam.

  • Buat campuran rempah

Setelah membumbui dengan garam dan lada, agar daging ayam tak tawar, buatlah campuran bumbu balur.

Gunakan campuran rempah untuk membumbui ayam, misalnya dengan campuran oregano, cabe bubuk, lada, bubuk bawang putih, basil, thyme, atau lainnya.

Balurkan campuran rempah ini ke daging ayam. Namun jangan balur semua rempahnya. Gunakan setengahnya di dalam campuran tepung pelapis.

  • Gunakan campuran putih telur, alkohol, dan tepung maizena untuk lapisan renyah.

Putih telur akan membentuk struktur kuat dengan protein. Putih telur juga akan membuat tepung menempel pada ayam. Sedangkan alkohol akan membantu menciptakan lapisan renyah. Alkohol akan menguap ketika dimasak. Namun bagi Anda yang tidak ingin menggunakan alkohol, campuran maizena dan putih telur sudah cukup menimbulkan lapisan renyah.

You may also like